RSS

Robot Ini Lihai Memanjat

WASHINGTON - Perkembangan teknologi dalam desain dan fungsi robot semakin terlihat. Baru-baru ini dikembangkan robot yang mampu memanjat, merakit dan membongkar objek-objek tertentu.

Peneliti dari Creative Machine Lab di Amerika Serikat telah membuat desain purwarupa dari robot pintar tersebut. Dikabarkan robot dapat melintasi dan memanipulasi object yang dinamakan 3-D truss structure dengan menggunakan sebuah gerigi khusus untuk melakukan aksi pemanjatan. Demikian dilansir Physorg, Rabu (29/2/2012).

Perancang robot pintar ini diantaranya Ilmuwan Franz Nigl, Shuguang Li, dan Jeremy Blum. Detail dari desain robot telah diterima oleh IEEE Robotics dan Automation yang nantinya dapat tertampil di website secara online.

"Inilah kita telah menjelajahi sebuah ide mesin dengan fungsinya yang lebih 'luas' daripada bentuknya sendiri" ujar Hod Lipson, asosisasi profesor mekanik dan information science.

Proyek ini merupakan bagian dari National Science Foundation Frontiers Emerging, proyek ini nantinya diperuntukkan untuk mengeksplorasi objek konstruksi dalam kondisi-kondisi yang berbahaya.

"Apa yang membuat saya takjub dari ide ini adalah keamanan, memiliki robot yang mampu memanjat dan mengkonfigurasi struktur bangunan, bahkan mengirimkan material tertentu" ujar Blum

Blum menjelaskan, robot ini dilengkapi dengan sistem tenaga on board, dan sensor reflektifitas sehingga dapat mengidentifikasi di mana objek berada.

Dikabarkan, untuk pengembangan lebih lanjut, para peneliti akan menguji coba untuk medan luar angkasa. Ketimbang mengirimkan astronot ke stasiun luar angkasa dengan resiko tinggi dan berbahaya, robot dapat dikerahkan untuk memperbaiki objek mesin atau komponen yang rusak.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar